Tugas Kelompok Statistik Pendidikan - Uiversitas Terbuka

PROGRAM S1 PGSD UPBJJ-UT YOGYAKARTA
POKJAR BEDOYO
2015.1



TUGAS KELOMPOK 1

Mata Kuliah     : Statistik Pendidikan               Semester          : VII
Tutor                : Slamet Supriyadi, SE.MM      Hari/Tgl           : Minggu, 10 Mei 2015

Anggota           :   1. Didik Hari Saputra                      ( 823 614 601 )
2.    Dwi Nuur Hidayati                     ( 823 614 522 )
3.    Eko Aprianto                              ( 823 614 665 )
4.    Eko Yuli Setyanto                       ( 823 598 736 )
5.    Ninik Rindawati                          ( 823 598 689 )
6.    Wahyu Nurdiyantoro                  ( 823 614 475 )
7.    Yuda Wisnu Singgih Ananto       ( 823 598 729 )

     I.          SOAL & JAWABAN
1.         Menurut sifat dan cara memperolehnya data dibagi menjadi berapa macam , Jelaskan !
 (Hal 1.3)
          Jawab:
a.      Menurut sifatnya dibagi menjadi 2:
1.      Data kualitatif adalah data yang berbentuk kategori atau atribut.
Contoh:
1)      Harga emas hari ini mengalami kenaikan.
2)      Sebagian dari produksi barang “A” pada perusahaan “X” rusak
2.      Data Kuantitatif adalah data yang berbentuk bilangan.
Contoh :
1)      Luas bangunan hotel itu adalah 5700 m²
b.      Menurut Cara memperolehnya
1.      Data primer adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi serta diperoleh langsung dari objeknya
Contoh : Pemerintah melalui Biro Pusat Statistik (BPS) ingin mengetahui jumlah penduduk Indonesia, maka BPS mengirimkan petugas-petugasnya untuk mendatangi secara langsung rumah tangga yang ada di Indonesia.
2.      Data sekunder adalah data yang diperoleh dalam bentuk sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain, biasanya data itu dicatat dalam bentuk publikasi-publikasi.
Contoh : seorang peneliti memerlukan data mengenai jumlah penduduk di sebuah kota dari tahun 2005 sampai tahun 2009 maka orang itu dapat memperolehnya di BPS.

2.      Bagaimana Langkah – Langkah Menyusun data ke dalam tabel distribusi frekuensi dengan panjang kelas yang sama! (2.11)

Jawab :
1.        Tentukan Nilai Rentang
2.        Tentukan Banyak Kelas yang digunakan
3.        Tentukan Panjang Kelas
4.        Tentukan Nilai Ujung Bawah Kelas Interval Pertama
5.        Masukan Semua Data kedalam Interval Kelas.
3.      Bagaimana aturan pembulatan bilangan yang digunakan penganalisaan? ( 1.23)

Jawab :
a.      Aturan 1 : jika angka terkiri dari angka yang harus dihilangkan kurang dari 5, maka angka terkanan dari angka yang mendahuluinya tetap (tidak berubah)
b.      Aturan 2 : jika angka terkiri dari angka yang harus dihilangkan lebih dari 5 atau 5 diikuti oleh angka-angka bukan nol semua, maka angka terkanan dari angka yang mendahuluinya bertambah dengan satu.
c.       Aturan 3 : jika angka terkiri dari angka yang harus dihilangkan sama dengan 5 atau 5 diikuti oleh angka-angka nol semua, maka angka terkanan dari angka yang mendahuluinya tetap jika angka tersebut genap dan bertambah satu jika angka tersebut ganjil.

4.      Jelaskan pengertian berikut :
A.     Tabel distribusi frekuensi relatif.
B.     Tabel  distribusi frekuensi kumulatif. (2.33)
            Jawab  :
a.      Tabel distribusi frekuensi relatif adalah sebuah tabel yang berisi nilai-nilai data, dengan nilai-nilai tersebut dikelompokkan ke dalam interval-interval dan setiap interval masing-masing mempunyai nilai frekuensi dalam bentuk persentase.
b.      Tabel distribusi frekuensi kumulatif adalah sebuah tabel yang diperoleh dari tabel distribusi frekuensi, dengan frekuensinya dijumlahkan selangkah demi selangkah (kelas interval demi kelas interval).  Tabel distribusi kumulatif ada 2 macam : tabel distribusi frekuensi kumulatif “kurang dari” dan tabel distribusi frekuensi kumulatif “atau lebih”.

5. Sebutkan langkah – langkah membuat diagram batang!(3.3)

Jawab  :
a.      Buat dua buah sumbu, yaitu sumbu datar dan sumbu tegak. Pada sumbu datar ditulis nama kategori dan pada sumbu tegak ditulis frekuensi yang sesuai dengan setiap kategori, pada pembagian skala sebaiknya menggunakan skala yang proporsional.
Buat batang-batang pada setia kategori berupa empat persegi panjang dengan lebar yang sama pada setiap kategori dan tingginya sesuai nilai frekuensi setiap kategori. Jarak antara batang yang satu dengan yang lain harus sama.
b.      Untuk selanjutnya masing-masing batang diberi warna yang sama atau diarsir dengan corak yang sama.
c.       Dibawah diagram diberi judl diagram dengan paragraf tnegah. Terdiri dari nomor, masalah apa, dimana masalahnya. Kapan masalah itu terjadi.


Advertisement
Advertisement

Advertisement

Bagikan ke orang lain!!

Subscribe to receive free email updates: