Wonoreggae - Tugas Pendidikan Seni Penciptaan Karya Musik Anak SD di Moul 6 ini, merupakan Tes Formati 1 dan Tes Formatif 2 , Silahkan digunakan sesuai keperluan, untuk update yang lainnya silahkan beri komentar atau Subscribe melalui email
MODUL 6 : PENCIPTAAN KARYA MUSIK ANAK SD
TES FORMATIF 1
1.
Motif :
a.
Sekuens naik
'&==4=;===R==Â!==T==:=T=Ä!=V=:===!
b.
Pembesaran nilai
'&==4=;===R==Â!==T==:==b==!=R³=R=d=!
c.
Inversi
'&==4=;===R==Â!==T==:=V=Æ!=T=:===!
d.
Repetisi
'&==4=;===R==Â!==T==:=R=Â!=T=:===!
2.
Hal – hal yang
perlu diperhatikan dalam penyusunan lirik lagu untuk anak SD adalah :
a.
Kesesuaian tema
dengan kehidupan/kejiwaan anak
b.
Kesesuaian aksen
lirik dengan aksen muaik/melodi
c.
Liriknya
disesuaikan dengan bahasa dan lingkungan anak.
TES FORMATIF 2
1.
Pola ritme dasar
dari lagu “Pelangi” ciptaan AT. Mahmud, dengan menggunakan tipe ketukan dua.
'&==Û4==T==!=X==X==X==X=!=h===:===X==!=W==V==U==V=!=g==:===!
2.
Pola ritme dasar dari lagu “Ibu Kita
Kartini” ciptaan WR. Supratman, denganmenggunakan tipe ketukan dua.
'&==¢4=S³T=U=V!=W·=U=c==!=X¹==Z=Y==X==!==========!
3.
Pola ritme dasar
dari lagu “Burung Kakaktua” Lagu Daerah Maluku, dengan menggunakan instrumen
gitar.
Mel '&==3==V=!=f=====T=!=i=====T=!=c³======!=S=:====
Gitar '&==3==:=!=:==V==V=!=:==V==V=!=:==V==V=!=V=:====
4.
Alat musik yang
digunakan untuk memainkan alat musik di SD adalah instrumen musik umum maupun
alat musik daerah. Alat musik tersebut dipilih berdasarkan
kemampuan/keterampilan anak didik. Instrumen perkusi dapat digunakan yang
bernada (pitch) dan instrumen tidak bernada (unpitch) seperti ; drumset,
kendang, kentongan, tifa dll.
5.
Untuk membuat
pola ritmik yang sesuai dengan suatu lagu adalah dengan menyesuaikan antara
ritme melodi dan harmoni/gerakan akor lagu tersebut dan memilih
instrumen yang sesuai dengan karakter lagu yang akan dibuat pola ritmiknya.
Baca juga:
Advertisement
Advertisement
Bagikan ke orang lain!!