PEMANFAATAN
LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
KEGIATAN
BELAJAR 1
Peranan Alam
Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Sumber Belajar Anak Didik
Karakteristik anak didik yang bersifat aktif dalam
melakukan berbagai eksplorasi terhadap lingkungannya, maka pembelajaran masih
diarahkan pada pengembangan dan penyempurnaan potensi kemampuan yang dimiliki.
Berbagai teori juga mendukung dan
menyatakan bahwa lingkungan anak didik sangat mempengaruhi pertumbuhan jasmani
dan rohani secara sehat dan optimal.
A. MAKNA DAN MANFAAT BERMAIN BAGI ANAK
DIDIK SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN ALAM SEKITARNYA
Guru
harus mampu menciptakan suasana belajar dilingkungan alam sekitar sekolah yang
memberikan kegembiraan dan mengurangi stres bagi anak didiknya dengan unsur
sebagai berikut.
1. Tujuan
belajar sambil bermain
2. Menyenangkan
dan dinikmati
3. Mengunakan
alat atau tidak
4. Memanfaatkan
sumber belajar di sekeliling lingkungan sekolah
5. Dilakukan
secara aktif dan sadar.
1)
Untuk
apa anak didik belajar disekitar lingkungan sekolahnya?
Salah
satu cara efektif agar anak didikmampu belajar dengan baik adalah dengan
memperkaya bahan pelajaran yang diterima disekolah melalui bahan pelajaran yang
dilengkapi dengan sumber belajar dari lingkungan alam sekitar sekolah.
2)
Pemanfaatan
lingkungan alam sekitar sekolah : apa yang dapat dipelajari?
Pemanfaatan
ingkungan alam sekitar sekolah tidak pernah berdiri sendiri. Misalnya,
pembahasan IPA tentu tidak lepas dari pelajaran IPS dan lingkungan hidup
semuanya memiliki keterkaitan antara aspek manusia, ekonomi, kebiasaan cara
hidup, dan lingkungan hidup. Yang terpenting adalah keseimbangan antara segala
aspek tersebut.
3)
Prinsip
dalam pembelajaran tentang pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah
a. Belajar
dengan memanfaatkan suber belajar yang tersedia
b. Belajar
dengan cara yang menyenangkan
c. Belajar
dengan mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif
d. Belajar
melalui kolaborasi
4) Belajar yang menyenangkan dialam
sekitar sekolah
5)
Bagaimana
anak bisa senang bila diajak belajar di alam lingkungan sekitar sekolah
a. Ciptakan
lingkngan tanpa stres (rileks)
b. Manfaat
sarana bermain untuk belajar
c. Gunakan
kelima indera anak sebagai jalur belajar
d. Pakailah
seluruh dunia sebagai ruang kelas
B. PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN
PAKEM
Pembelajaran aktif
kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM) adalah sebuah modelpembelajaran yang
memungkinkan anak didik mengerjakan kegiatan beragam untuk mengembangkan
keterampilan, sikap, dan pemahaman berbagai sumber dan alat bantu belajar
termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik,
menyenangkan, dan efektif.
1) PAKEM
lebih memungkinkan anak didik dan guru sama-sama aktif terlibat dalam
pembelajaran.
2) PAKEM
lebih memungkinkan, baik anak didik maupun guru sama-sama kreatif.
1.
Cara
menginventarisasi berbagai sumber belajar disekitar lingkungan alam sekitar
sekolah
Sumber belajar tidak
hanya berbentuk buku semata, bisa berupa alam yang ada di seputar lingkungan
sekolah, bisa berbentuk jasa orang atau masyarakat, bisa juga lembaga. Mengapa
perlu mengidentifikasi sumber belajar? Karena untuk meningkatkan kualitas
belajar mengajar anak didik dan guru, selain itu lebih variatif dan sesuai
dengan konteks yang ada dilingkungan sekolah.
2.
Tantangan
dan peluang
a. terbuka
peluang untuk mengembangkan berbagai tema kegiatan pembelajaran.
b. Diperlukan
kecermatan
c. Koordinasi
dan alokasi waktu untukkegiatan dengan disesuaikan dengan jam mata pelajaran
d. Diperlukan
kemampuan anak didik untuk melakukan analisa dan sintesis, kebebasan
berekspresi dan kemampuan refleksi.
Dengan demikian pendidikan yang
memanfaatkan lingkunganalam sekitar
sekolah tidak hanya sebatas membentuk kepribadian dan pengembangan ilmu
pengetahuan anak didik saja, tetapi mengembangkan inisiatif untuk melkukan aksi
menjadikan lingkungan hidup kita lebih baik lagi.
KEGIATAN BELAJAR 2
Berbagai Sumber
Belajar di Sekitar Alam Lingkungan Sekitar Sekolah bagi Pendidikan Anak Didik
A. LINGKUNGAN DALAM SEKOLAH
1.
Lingkungan
halaman sekolah sebagai tempat bermauin sambil belajar dan belajar sambil
bermain
Faktor yang mempengaruhi permainan anak
adalah.
a. Kesehatan
b. Inteligensia
c. Jenis
kelamin
d. Lingkungan
e. Status
sosial ekonomi
Manfaat
lapangan atau halaman sekolah sangatlah besar bagi anak didik apabila sekolah
mampu menciptakan program yang menarik sebagai bagian dari pembelajaran yang
dilakukan didalam kelas,
a) Aktifitas
aktif
Bermain terarah, bebas
dan spontan, sandiwara dan drama pendek, bermain musik dan mengumpulkan atau
mengoleksi suatu benda
b) Aktifitas
pasif dan semi aktif
Membaca, mendongeng di
halaman sekolah
2.
Memilih
permainan edukatif
3.
Tumbuhan
sebagai sumber pembelajaran IPA
a. Program
kebun bunga sekolah
b. Program
sekolah hijau
c. Taman
sekolah sebagai tempat pembelajaran ekosistem
d. Taman
sebagai apotek hidup di sekolah
e. Berkebun
di halaman sekolah
f. Herbarium
sebagai sumber pengetahuan tanaman
4.
Pemanfaatan
halaman sekolah belajar untuk belajar IPS
Anak didik diarahkan untuk menjadi warga
negara indonesia yang demokratis, bertanggung jawab serta warga negara cinta
damai.
a. Mengenal
konsep-konsep yeng berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan nya
b. Memiliki
kemampuan dasar berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan
masalah dan keterampilan dalam kehidupan sosial
c. Memiliki
komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
d. Memiliki
kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dna berkompetisi dalam masyarakat
5. Pemanfaatan halaman sekolah dan
lingkungan alam sekitar sekolah untuk belajar IPA
Hakikat pelajaran IPA meliputi :
a. Sikap
; rasa ingin tahu, fenomena alam, makhluk hidup, hubungan sebab akibat
b. Proses;
prosedur pemecahan masalah melalui metode ilmiah (hipotesis, eksperimen,
evaluasi, pengukuran, dan penarikan kesimpulan)
c. Produk; fakta, prinsip, teori dan hukum
d. Aplikasi;
penerapan metode ilmiah dan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.
6. Penggunaan TEMA dalam pembelajaran
IPA melalui pemanfaatan alam sekitarnya
a. Belajar
di halaman sekitar sekolah
b. Belajar
biologi di halaman sekitar sekolah
c. Belajar
matematika di halaman sekitar sekolah
7. Pemanfaatan halaman sekolah untuk
pendidikan lingkungan hidup
a. Pendidikan
Kebersihan Lingkungan di Sekolah
b. Menanam
pola hidup sehat
8. Pemanfaatan halaman sekolah
olahraga sehat
Sekolah harus mampu
memanfaatkan halamannya semaksimal mungkin untuk kepentingan olahraga anak
didik.
9. Belajar
bahasa di alam sekitar lingkungan sekolah
a. Bahasa
indonesia
b. Bahasa
inggris
B.
LINGKUNGAN
ALAM SEKITAR SEKOLAH
1.
Pelaksanaan
Pendidikan Lingkungan Alam Sekitar Sekolah
Pendidikan mengenal dan mencintai
lingkungan alam sekitar dan lingkungan hidup lainnya dimulai dari hati guru
untuk diberikan kehati anak didik.
2. Bentuk Metode Pendidikan Lingkungan
Alam Sekitar dan Lingkungan Hidup Lainnya yang Baik
Metode pembelajaran pendidikan
lingkungan alam sekitar dan lingkungan hidup lainnya yaitu belajar berbasis
pengalaman.
3.
Pendekatan
yang Digunakan
Pendekatan yang digunakan adalah
pendagogi
4.
Teknik
yang bisa Dilaksanakan Guru
a. Belajar
menghargai alam
b. Belajar
sambil bermain
c. Pemanfaatan
alat bantu
5.
Pemanfaatan
Museum Sebagai Sumber Pembelajaran Pendidikan IPS di Tingkat Persekolahan
6.
Belajar
di Toko Swalayan atau Supermarket
7.
Belajar
mengenal sawah
Proses pembelajaran dengan
memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar akan berhasil jika
dilakukan secara kreatif dan berkesinambungan.
Baca juga:
Advertisement
Advertisement
Bagikan ke orang lain!!