PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN



PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN


KEGIATAN BELAJAR 1
Peranan Alam Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Sumber Belajar Anak Didik

PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Karakteristik  anak didik yang bersifat aktif dalam melakukan berbagai eksplorasi terhadap lingkungannya, maka pembelajaran masih diarahkan pada pengembangan dan penyempurnaan potensi kemampuan yang dimiliki.
            Berbagai teori juga mendukung dan menyatakan bahwa lingkungan anak didik sangat mempengaruhi pertumbuhan jasmani dan rohani secara sehat dan optimal.
A.  MAKNA DAN MANFAAT BERMAIN BAGI ANAK DIDIK SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN ALAM SEKITARNYA
Guru harus mampu menciptakan suasana belajar dilingkungan alam sekitar sekolah yang memberikan kegembiraan dan mengurangi stres bagi anak didiknya dengan unsur sebagai berikut.
1.    Tujuan belajar sambil bermain
2.    Menyenangkan dan dinikmati
3.    Mengunakan alat atau tidak
4.    Memanfaatkan sumber belajar di sekeliling lingkungan sekolah
5.    Dilakukan secara aktif dan sadar.

1)      Untuk apa anak didik belajar disekitar lingkungan sekolahnya?
Salah satu cara efektif agar anak didikmampu belajar dengan baik adalah dengan memperkaya bahan pelajaran yang diterima disekolah melalui bahan pelajaran yang dilengkapi dengan sumber belajar dari lingkungan alam sekitar sekolah.
2)      Pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah : apa yang dapat dipelajari?
Pemanfaatan ingkungan alam sekitar sekolah tidak pernah berdiri sendiri. Misalnya, pembahasan IPA tentu tidak lepas dari pelajaran IPS dan lingkungan hidup semuanya memiliki keterkaitan antara aspek manusia, ekonomi, kebiasaan cara hidup, dan lingkungan hidup. Yang terpenting adalah keseimbangan antara segala aspek tersebut.
3)      Prinsip dalam pembelajaran tentang pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah
a.    Belajar dengan memanfaatkan suber belajar yang tersedia
b.    Belajar dengan cara yang menyenangkan
c.    Belajar dengan mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif
d.   Belajar melalui kolaborasi
4)      Belajar yang menyenangkan dialam sekitar sekolah
5)      Bagaimana anak bisa senang bila diajak belajar di alam lingkungan sekitar sekolah
a.    Ciptakan lingkngan tanpa stres (rileks)
b.    Manfaat sarana bermain untuk belajar
c.    Gunakan kelima indera anak sebagai jalur belajar
d.   Pakailah seluruh dunia sebagai ruang kelas

B.  PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM
Pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM) adalah sebuah modelpembelajaran yang memungkinkan anak didik mengerjakan kegiatan beragam untuk mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahaman berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan efektif.
1)      PAKEM lebih memungkinkan anak didik dan guru sama-sama aktif terlibat dalam pembelajaran.
2)      PAKEM lebih memungkinkan, baik anak didik maupun guru sama-sama kreatif.

1.    Cara menginventarisasi berbagai sumber belajar disekitar lingkungan alam sekitar sekolah
Sumber belajar tidak hanya berbentuk buku semata, bisa berupa alam yang ada di seputar lingkungan sekolah, bisa berbentuk jasa orang atau masyarakat, bisa juga lembaga. Mengapa perlu mengidentifikasi sumber belajar? Karena untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar anak didik dan guru, selain itu lebih variatif dan sesuai dengan konteks yang ada dilingkungan sekolah.


2.      Tantangan dan peluang
a.    terbuka peluang untuk mengembangkan berbagai tema kegiatan pembelajaran.
b.    Diperlukan kecermatan
c.    Koordinasi dan alokasi waktu untukkegiatan dengan disesuaikan dengan jam mata pelajaran
d.   Diperlukan kemampuan anak didik untuk melakukan analisa dan sintesis, kebebasan berekspresi dan kemampuan refleksi.

Dengan demikian pendidikan yang memanfaatkan  lingkunganalam sekitar sekolah tidak hanya sebatas membentuk kepribadian dan pengembangan ilmu pengetahuan anak didik saja, tetapi mengembangkan inisiatif untuk melkukan aksi menjadikan lingkungan hidup kita lebih baik lagi.


KEGIATAN BELAJAR 2
Berbagai Sumber Belajar di Sekitar Alam Lingkungan Sekitar Sekolah bagi Pendidikan Anak Didik

A.  LINGKUNGAN DALAM SEKOLAH
1.    Lingkungan halaman sekolah sebagai tempat bermauin sambil belajar dan belajar sambil bermain
Faktor yang mempengaruhi permainan anak adalah.
a.    Kesehatan
b.    Inteligensia
c.    Jenis kelamin
d.   Lingkungan
e.    Status sosial ekonomi
Manfaat lapangan atau halaman sekolah sangatlah besar bagi anak didik apabila sekolah mampu menciptakan program yang menarik sebagai bagian dari pembelajaran yang dilakukan didalam kelas,
a)    Aktifitas aktif
Bermain terarah, bebas dan spontan, sandiwara dan drama pendek, bermain musik dan mengumpulkan atau mengoleksi suatu benda
b)   Aktifitas pasif dan semi aktif
Membaca, mendongeng di halaman sekolah
2.      Memilih permainan edukatif
3.      Tumbuhan sebagai sumber pembelajaran IPA
a.    Program kebun bunga sekolah
b.    Program sekolah hijau
c.    Taman sekolah sebagai tempat pembelajaran ekosistem
d.   Taman sebagai apotek hidup di sekolah
e.    Berkebun di halaman sekolah
f.     Herbarium sebagai sumber pengetahuan tanaman
4.      Pemanfaatan halaman sekolah belajar untuk belajar IPS
Anak didik diarahkan untuk menjadi warga negara indonesia yang demokratis, bertanggung jawab serta warga negara cinta damai.
a.    Mengenal konsep-konsep yeng berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan nya
b.    Memiliki kemampuan dasar berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah dan keterampilan dalam kehidupan sosial
c.    Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
d.   Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dna berkompetisi dalam masyarakat
5.    Pemanfaatan halaman sekolah dan lingkungan alam sekitar sekolah untuk belajar IPA
Hakikat pelajaran IPA meliputi :
a.    Sikap ; rasa ingin tahu, fenomena alam, makhluk hidup, hubungan sebab akibat
b.    Proses; prosedur pemecahan masalah melalui metode ilmiah (hipotesis, eksperimen, evaluasi, pengukuran, dan penarikan kesimpulan)
c.    Produk;  fakta, prinsip, teori dan hukum
d.   Aplikasi; penerapan metode ilmiah dan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.
6.    Penggunaan TEMA dalam pembelajaran IPA melalui pemanfaatan alam sekitarnya
a.    Belajar di halaman sekitar sekolah
b.    Belajar biologi di halaman sekitar sekolah
c.    Belajar matematika di halaman sekitar sekolah
7.    Pemanfaatan halaman sekolah untuk pendidikan lingkungan hidup
a.    Pendidikan Kebersihan Lingkungan di Sekolah
b.    Menanam pola hidup sehat
8.    Pemanfaatan halaman sekolah olahraga sehat
Sekolah harus mampu memanfaatkan halamannya semaksimal mungkin untuk kepentingan olahraga anak didik.
9.    Belajar bahasa di alam sekitar lingkungan sekolah
a.    Bahasa indonesia
b.    Bahasa inggris


B.     LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEKOLAH
1.    Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Alam Sekitar Sekolah
Pendidikan mengenal dan mencintai lingkungan alam sekitar dan lingkungan hidup lainnya dimulai dari hati guru untuk diberikan kehati anak didik.
2.    Bentuk Metode Pendidikan Lingkungan Alam Sekitar dan Lingkungan Hidup Lainnya yang Baik
Metode pembelajaran pendidikan lingkungan alam sekitar dan lingkungan hidup lainnya yaitu belajar berbasis pengalaman.
3.    Pendekatan yang Digunakan
Pendekatan yang digunakan adalah pendagogi
4.    Teknik yang bisa Dilaksanakan Guru
a.    Belajar menghargai alam
b.    Belajar sambil bermain
c.    Pemanfaatan alat bantu
5.    Pemanfaatan Museum Sebagai Sumber Pembelajaran Pendidikan IPS di Tingkat Persekolahan
6.    Belajar di Toko Swalayan atau Supermarket
7.    Belajar mengenal sawah

Proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar akan berhasil jika dilakukan secara kreatif dan berkesinambungan.
Advertisement
Advertisement

Advertisement

Bagikan ke orang lain!!

Subscribe to receive free email updates: